4 Hal yang Mesti Dipersiapkan di Semester Baru

seorang-mahasiswa-di-jerman-turut-berbagi-pengalaman-pada-peserta-program-intensif-persiapan-kuliah-di-jerman-2015-sebagai-sesama-siswa-dari-lae-www-alaumnieropa-org

“Yeah…Semester baru! Aku harus lebih baik dari semester sebelumnya.”

Setiap awal semester baru, pastinya kita selalu diliputi rasa senang, semangat, atau mungkin gelisah?

Apa pun perasaan kalian dalam menghadapi semester baru nantinya, ada beberapa hal yang mesti kalian persiapkan. Memulai semester baru berarti memulai kembali melakukan perkuliahan dari awal.

Jika di semester sebelumnya kalian masih malas, senang main-main, dan belum fokus terhadap kuliah. Sehingga nilai yang dihasilkan saat perolehan KHS semester sebelumnya malah tidak memuaskan. Tapi, jangan khawatir. Kalian masih memiliki kesempatan untuk memperbaikinya di semester baru nanti.

Memang, nilai bukan tolak ukur yang mutlak untuk menjamin kesuksesan. Tapi, lewat nilai yang dihasilkan, kalian dapat menjadikannya sebagai bahan evaluasi untuk diri kalian di semester selanjutnya. Apakah harus memperbaiki sikap dan kebiasaan dari semester sebelumnya atau justru harus lebih meningkatkan dan mempertahakan dari semester sebelumnya? Pilihan itu ada di tangan kalian masing-masing.

Semakin naik tingkatan, semakin tinggi pula tantangan yang mesti kalian hadapi. Sehingga diperlukan berbagai persiapan. Yuk, langsung aja, simak tipsnya berikut ini.

  1. Mempersiapkan Mental

Semangat di awal semester saja tidak cukup. Jadi, perlu dilakukan berbagai persiapan agar di semester yang baru nantinya, kalian dapat menjalankan segala aktivitas perkuliahan dengan baik atau lebih baik lagi. Persiapan di sini, tidak hanya persiapan dari segi fisik, tapi juga persiapan dari segi mental. Kalau fisiknya sehat dan baik, tapi mentalnya belum siap. Bagaimana menjalankan masa perkuliahan nantinya?

Mental merupakan hal utama yang mesti kalian persiapkan. Apakah sudah siap menjalani kuliah di semester yang baru? Apakah sudah siap dengan berbagai tantangan yang akan kalian hadapi nantinya? Apakah sudah siap disibuki dengan berbagai aktivitas di luar perkuliahan yang akan kalian ikuti? Apakah sudah siap menghadapi serangkaian tugas yang akan menyita waktu tidur kalian? Apakah sudah siap mempelajari lebih banyak lagi ilmu-ilmu baru?

Coba, kalian buat dan ajukan pertanyaan semacam itu. Lalu, temukan jawabannya pada diri kalian sendiri. Hal itu dapat membantu menentukan apakah  mental kalian siap atau tidak. Mental yang siap dibutuhkan sebelum memulai perkuliahan karena kalau sejak awal mental kalian sudah dipersiapkan dengan berbagai kemungkinan yang ada. Ketika perkuliahan kalian menemuakan sesuatu yang baru dan beda dari sebelumnya, kalian jauh lebih merasa siap untuk menghadapinya, dibanding yang tidak mempersiapkan sebelumnya.

  1. Menentukan Target Kuliah

Selain mempersiapkan mental, diperlukan juga target. Target merupakan segala sesuatu yang ingin kalian capai. Target bisa berupa apa saja. Apakah itu ingin mendapat IPS di atas 3,5 di semester tersebut? Apakah ingin mengikuti lebih banyak kegiatan di luar kampus? Atau target ingin lebih banyak mengenal teman-teman baru?

Apa pun itu, buatlah target yang ingin kalian lakukan dan capai di semester tersebut. Menyusun target juga dapat memberi kemudaahan sekaligus membuat kalian tetap bersemangat dan fokus selama perkuliahan nantinya, loh. Yuk, segera buat targetmu!

  1. Persiapkan Alat dan Bahan Kuliah

Peralatan kuliah seperti pensil, bolpoin, penghapus, post it, binder mesti dipersiapkan dengan baik, karena peralatan itu ibarat alat perang kalian. Kalau kalian tidak mempersiapkannya dengan baik, bagaimana kalian akan berperang menghadapi semester tersebut dengan baik, serta mencapai target yang sudah ditentukan?

Selain mempersiapkan alat, perlu juga mempersiapkan bahan yang akan di pelajari saat perkuliahan berlangsung. Mulai dari mempelajari atau mencari tahu materi yang nantinya akan dijelaskan dosen pada saat perkuliahan. Hal ini bisa kalian lakukan dengan berkunjung ke perpustakaan. Menacari buku yang sesuai dengan mata kuliah yang akan kalian pelajari nantinya, atau bisa menjelajah di internet.

  1. Jangan Lupa Berdoa

Berdoa merupakan bagian dari aktivitas ibadah di luar ibadah rutin. Hal ini bisa dilakukan dalam berbagai aktivitas yang kalian lakukan. Apa pun kegiatannya, sertakan juga dengan doa. Karena melalui doa, kalian menyertakan Tuhan dalam segala aktivitas. Selain itu, dengan berdoa kalian juga dapat memperoleh ketenangan, baik saat menghadapi masalah atau pun tidak. Yuk, jangan lupa berdoa juga.

Itulah keempat tips yang bisa kalian lakukan sebelum memulai perkuliahan di semester yang baru. Dan, selamat menyambut perkuliahan!

Septiani Rahayu

Related Posts
Leave a reply