Hijabku, Mahkotaku

muslimah-008

Bagi seorang perempuan, rambut adalah mahkotanya. Tapi berbeda dengan muslimah yang berhijab. Hijab bukan sekadar penutup aurat saja, tapi hijab merupakan mahkotanya seorang muslimah. Sebagai muslimah, berhijab bukan lagi perkara mau atau tidak, siap atau tidak, melainkan sudah menjadi kewajiban layaknya ibadah sholat yang mesti kita laksankan sehari lima kali.

Kewajiban berhijab mesti kita sadari sebagai kewajiban muslimah yang mesti dilaksanakan saat kita sudah baligh. Karena berhijab menjadi kewajiban, tentu saja akan mendatangkan dosa jika kewajiban berhijab itu tidak kita kerjakan.

Kalian tahu, selama kita belum berhijab, dosa itu akan terus ditanggung oleh ayah kita, loh. Kalian mau, ayah yang kalian sayangi menanggung dosa itu?

Kalau kita memang menyayangi ayah kita, tentu kita mesti mulai menyadari kewajiban berhijab agar ayah kita terbebaskan dari dosa kita yang tak mau menutup aurat. Dalam Al-Qur’an kewajiban berhijab bagi muslimah ini sudah dijelaskan :

Allah Azza wa Jalla berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang Mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, sehingga mereka tidak diganggu/disakiti. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [al-Ahzâb/33:59].

Allah Maha Penyang dan Maha Melindungi, Allah ingin muslimah terhindar dari gangguan. Dengan berhijab berarti kita telah berusaha melindungi diri kita dari kejahataaan. Ukhti, jangan ragu, apa lagi takut untuk berhijab, mungkin awalnya akan sulit, tapi percayalah setelah berhijab banyak manfaat yang dapat kita rasakan sebagai seorang muslimah, selain rasa aman dan terlindungi dari pandangan kaum adam yang bukan mahram kita.

Jangan biarkan kecantikan yang kita miliki dinikmati para lelaki yang belum menjadi mahram kita. Kita boleh tampil cantik dan mempercantik diri, tapi ingat, kecantikan itu hanya boleh kita tunjukan hanya untuk sumai kita kelak. Selama belum menikah, mari kita jaga dan lindungi kecantikan itu.

Selain melindungi kecantikan kita, Allah SWT juga memuliakan para muslimah karena telah menjaga kehormatanya. Yuk, berhijab dan jangan ragu!

Ade Noviyanti

Related Posts
Leave a reply