Sudah Siapkah Menghadapi UTS?

Sudah Siapkah Menghadapi UTS?

Belajar UTS

Belajar UTS

Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan ujian evaluasi untuk mengukur sejauh mana kalian memahami matakuliah, yang telah diajarkan selama tujuh pertemuan dalam satu semester itu. Jadi, sudah siapkah kalian menghadapi UTS kali ini. Dan, apa sajakah yang sudah kalian persiapkan untuk menghadapi UTS? Sebelum menghadapi UTS. Yuk, simak tips berikut ini.

 

  1. Membuat Perencanaan
perencanaan

Perencanaan

Pertama, yang harus kalian lakukan sebelum menghadapi UTS, tentunya menyusun perencanaan. Perencanaan ini merupakan tahap persiapan awal yang mesti kalian lakukan sebelum UTS.

Perencanaan ini bisa meliputi, rencana belajar, organisasi, olahraga, dan lain-lain. Menyusun rencana dapat membantu kalian dalam membagi waktu untuk belajar, jalan dengan teman, dan sebagainya sebelum UTS. Namun, tetap utamakan belajar sebagai prioritas utama agar tidak lupa dan menunda-nunda waktu belajar, selain itu juga dapat melatih diri kalian untuk lebih mandiri dan terampil membuat perencanaan.

Menyusun perencanaan sangatlah mudah, hanya saja untuk melakukan biasanya itu sulit. Tapi, bukan berarti tidak bisa. Sebelum membuat perencanaan diperlukan komitmen pada diri sendiri untuk melakukannya sesuai dengan perencaan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Misalnya, kalian membuat rencana belajar setiap hari selama dua jam secara teratur, tapi kalian tidak memenuhinya karena merasa terlalu berat melakukannya. Padahal, hal ini dapat kalian atasi dengan menerapkan pola belajar selama  satu jam dalam waktu yang berbeda, namun masih dalam satu hari. Sehingga tidak perlu langsung belajar dua jam dalam  waktu bersamaan di hari itu.

Sebelum menyusun perencanaan, buatlah dari jauh-jauh hari atau lebih baik dari awal mengikuti perkuliahan. Namun bagi kalian yang sangat sibuk dengan rutinitas organisasi kampus dan sebagainya, kalian bisa membuat perencanaan ini sebelum mendekati ujian.

 

  1. Belajar Rutin dan Hindari SKS
Belajar

Belajar

Menjelang Ujian Tengah Semester sebagian besar mahasiswa biasanya sibuk belajar dengan menggunakan cara SKS alias Sistem Kebut Semalam. Ketika ada ujian di hari Selasa, pada malam Selasanya baru buku buku, lihat catatan, dan belajar hingga larut malam. Hal ini merupakan kebiasaan buruk yang mesti kalian hindari sebelum menghadapi UTS.

Biasakan untuk belajar secara rutin setiap hari sesuai dengan rencana belajar yang sudah kalian tetapkan sebelumnya, sehingga menjelang UTS, kalian tinggal melihat-lihat kembali catatan tentang materi yang akan diujikan atau bertanya kepada dosen atau teman untuk lebih memahami materi yang akan diujikan.

Belajar materi kuliah dalam semalam tidak akan membantu  kalian untuk memahami suatu materi secara maksimal. Bisa saja, materi yang diujikan itu tidak dapat berlangsung lama setelah ujian berakhir.

 

  1. Olahraga
Olahraga

Olahraga

Belajar, belajar, dan belajar. Mungkin terdengar melelahkan dan menjenuhkan. Untuk mengatasi hal itu, kalian dapat melakukan aktivitas lain yang dapat mengembalikan semangat dan tentunya menyehatkan tubuh kalian. Salah satunya dengan berolahraga.

Lakukan olahraga sederhana dalam waktu yang singkat seperti lari-lari kecil di pagi hari, efeknya akan membuat kalian lebih terjaga semangat belajarnya dan siap menghadapi ujian. Kalau kalian merasa tidak memiliki cukup waktu karena alasan sibuk, tetap usahakan untuk berolahraga, ya.

 

  1. Istirahat yang Cukup
Istirahat

Istirahat

Setelah belajar dan melakukan berbagai aktivitas lainnya, tubuh kalian tentunya memerlukan istirahat yang cukup. Apa lagi untuk menghadapi UTS. Jangan tidur sampai larut malam menjelang UTS. Tidur lebih awal sehingga ketika bangun di pagi hari, tubuh kalian tidak mudah lelah dan siap menghadapi UTS.

Selain itu juga, istirahat juga dibutuhkan ketika kalian belajar, pastinya tubuh dan otak kalian akan merasakan yang namanya lelah. Saat hal itu terjadi, maka segeralah beristirahat selama 10-15 menit atau paling lama 30 menit untuk menyegarkan pikiran dan tubuh kalian.

Setelah istirahat, mulailah untuk belajar kembali. Istirahat singkat ini akan membantu otak untuk mengendapkan sejenak materi pelajaran yang sudah dipelajari dan membuat kalian lebih fokus saat belajar.

 

  1. Percaya Diri dan Berdoa
Berdoa

Berdoa

Percaya diri dan berdoa meruapakan dua hal yang harus kalian miliki dan lakukan sebelum menghadapi ujian apa pun itu.  Percaya diri diperlukan supaya kalian bisa lebih mudah mengerjakan ujian, terutama percaya akan kemampuan diri sendiri. Percaya diri mampu mencegah kalian untuk tidak melakukan kecurangan saat ujian. Kalian harus yakin bahwa kalian mampu mengerjakannya, sekali pun soal yang diujikan sulit. Setidaknya kerjakan dan lakukan sebisa kalian, jangan sampai apa yan telah kalian persiapkan sebelum menghadapi ujian itu berakhir sia-sia karena kalian melakukan kecurangan.

Ingatlah, ujian itu tidak hanya soal mendapatkan nilai yang baik, tapi juga dapat mengukur kemampuan kalian sebagai mahasiswa tentang ilmu yang kalian tempuh saat ini. Kalau sekarang kalian sudah terbiasa berbuat curang saat ujian, bagaimana nantinya setelah kalian lulus dan terjun langsung di masyarakat?

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, kalian dapat melakukan apa pun yang bisa membuat kalian yakin dapat melakukan hal tersebut dan semuanya akan berjalan lancar. Salah satunya yaitu dengan berdoa, memohon dan meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian, serta tidak terpengaruh untuk berbuat curang. Dengan berdoa juga, pikiran dan jiwa kalian tentunya akan jauh lebih tenang dan lebih siap menghadapi ujian.

Itulah kelima tips yang bisa kalian terapkan sebelum menghadapi ujian nantinya. Semoga dapat membantu kalian dalam menghadapi UTS. Semangat dan selamat menempuh ujian.

Related Posts
Leave a reply