keputrian

Departemen Keputrian merupakan salah satu departemen yang berada dalam struktur Lembaga Dakwah Kampus Ikatan Mahasiswa Islam Esa Unggul (IKMI) Jakarta Barat. Departemen Keputrian merupakan departemen yang menjalankan fungsinya dalam syiar kemuslimahan.

Begitu indahnya kedudukan sebagai seorang wanita, hingga Tuhan Yang Maha Mulia menurunkan surah An-Nisa yang artinya adalah “wanita”. Islam, menjunjung tinggi kehormatan wanita dengan berbagai perintah dan larangan yang semuanya bertujuan memuliakan wanita. Allahu Akbar!

Ketika firman Alloh SWT. turun, “Mereka yang menimbun emas dan perak.” (Qs. at-Taubah:34), Umar r.a bergegas menemui Rasulullah dengan diikuti oleh Tsaubah r.a. Ia berkata kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ayat ini begitu berat bagi sahabat-sahabatmu. “Rasulullah menjawab, “Maukah engkau aku beritahukan tentang sebaik-baik harta simpanan seseorang? Yaitu istri salehah. Yakni seorang istri yang bisa menyenangkan suami ketika melihatnya, mentaati suami kala memerintahnya, menjaga diri kala suami meninggalkannya.”

 

Penulis ‘Aidh al-Qarni pun mengatakan dalam bukunya ; As’ad al-Mar’ah fi al-àlam, “Wanita itu laksana bintang di langit yang menerangi kegelapan”.

Wanita seperti perhiasan tapi tak nampak oleh sembarang mata, dan lebih berharga dari berlian yang berkliauan. Itulah sebabnya wanita perlu untuk menuntut ilmu, agar dapat menjadi pelita kehidupan. Menerangi kegelapan zaman yang kian kabur terkikis kebodohan, dan kebutaan agama.

Departemen Keputrian, bertujuan untuk membekali para wanita muslim ilmu, karena wanita adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya, pemimpin-pemimpin hebat akan lahir dari wanita yang hebat.

Dalam upaya merealisasikan tujuan mulia Departemen Keputrian, maka disusunlah program kerja sebagi berikut :

Program Kerja Keputrian

Kegiatan Waktu pelaksanaan Sasaran
Mentoring Setiap seminggu sekali Muslimah LDK IKMI
Belajar Bahasa Arab Dua kali dalam satu bulan pada jum’at pertama dan jum’at kedua Muslimah Universitas Esa Unggul
Kajian Setiap sebulan sekali Umum
Peringatan Hari Ibu 19 Desember 2016 Umum

emi-ayu-lestari

Comments are closed.