download

Berawal dari adanya kebersamaan dalam mensyiarkan Islam di lingkungan kampus yang heterogen, maka beberapa karyawan dan mahasiswa muslim berinisiatif membentuk sebuah wadah organisasi ke Islaman di Universitas INDONUSA Esa  Unggul yang sekarang berganti nama menjadi Universitas Esa Unggul.

Tepatnya pada tanggal 8 Oktober 1995, dimotori oleh bapak Banteng , Bapak Priambodo, Bapak Fidiansjah, saudara Rahmadadi, Saudara Ade Agus Salim dan beberapa mahasiswa muslim. Terbentuk lah IKMI ( Ikatan Keluarga Muslim INDONUSA ) dan terpilihlah saudara Rahmadadi dari Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 1995 sebagai Ketua Terpilih.

Seiring berjalannya waktu, pada bulan Januari 1996 berdirilah Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) atas intruksi Bapak Anies  Latief sebagai PUREK III bidang kemahasiswaan, IKMI menjadi nama dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohaniaan Islam di Universitas INDONUSA Esa Unggul.

Selama periode awal kepemimpinan saudara Rahmadadi sebagai ketua UKM Kerohanian Islam IKMI diadakan beberapa kegiatan yaitu APDI (Aksi Peduli Dunia Islam), Buka Puasa Bersama & Shalat Taraweh bersama, puasa senin kamis dilanjutkan dengan Ifthor Jam’ai, Bakti Sosial, Idul Kurban, Silahtruahmi keliling warga sekitar Universitas INDONUSA Esa Unggul, Sunatan Masal, Anjangsana Sosial Remaja& Study Islam Intensive, serta kegiatan  kegiatan dakwah lainnya.

Sejarah di tahun 2001

Musholla tersebut digunakan semua civitas akademika untuk sholat berjamaah, tetapi sholat jumat dilakukan di aula kemala..

Seiring berjalan waktu, LDK mengkritisi pihak kampus untuk membangun masjid kampus yang layak.

Ane yang sering menginap di pkm menjaga komputer di ukm LDK karena khawatir computer tersebut hilang. Lalu ane mendapat ide untuk membuat selebaran propaganda untuk membangun opini keresahan warga muslim kampus karena sholat jumat di aula yang juga sering di sewa sebagai  gereja dan resepsi pernikahan..

Setelah selebaran tersebut di tempel di depan lift, kantin dan tempat strategis lainnya, berhasil menarik perhatian dari  pihak kampus. Akhirnya perwakilan LDK di panggil ke rektorat untuk audiensi yang berujung dengan pembentukan panitia Pembina masjid baitul ghafur..

Dari pihak mahasiswa diwakili ane, Fanna Maulana, M. Al Anbiya (bang Al) – Haswardi dan ada juga pak Fachri bey (dekan FH) sebagai ketua panitia Pembina bapak afif , dan ada arsitek pak eki juga ahli mekanikal engginering, dengan pelindung bapak Abdul Gafur sendiri

Selama kurun waktu persiapan dan tahapan Pembina masjid yang akhirnya selesai juga..ketua LDK mengalami pergantian

Sejak jaman ane IKMI banyak mempengaruhi aktivitas di kampus  sehingga atmosfir islami sangat berasa

Banyak kegiatan yang dilakukan dan variatif

Pada saat periode ane IKMI mengalami era keemasannya. Setidaknya menurut bang rahmadadi tercatat dari kegiatan teater islam, seminar, bedah buku, liqo, BBQ, BBA, APDI, sampai demo di depan dubes AS pernah kita lakukan. Dan semua di drive dari LDK IKMI

Danus LDK pun berjalan efektif sebagai usaha menciptakan uang kas. Danus sendiri berjualan asesoris islami di musholla lantai 3, sebelum masjid berdiri kokoh sebagai mana mestinya. kegitan berjualan ini rutin dilakukan menjelang saat –saat  waktu sholat

Banyaknya aktivis LDK yg berkumpul di ikmi menciptakan dakwah – dakwah di tingak fakultas, maka terbentuklah saat  itu lembaga dakwah fakultas (LDF)..karena banyak dari aktivis LDK yang kebetulan sebagai gubernur fakultas atau aktif di fakultasnya masing-masing

Alhamdulillah nama LDK semakin harum. Bukan saja mengadakan kegiatan yang sifatnya ritual seperti PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). Tapi mampu membuat terobosan – terobosan  yg pas pada zamannya sehingga semakin banyak yang tertarik bergabung di LDK IKMI

Setelah periode akhir muslim selesai lalu ane..yossy dwi hendra (feakt 2000) terpilih sebagai mas’ul ukm LDK IKMI periode 2001. Bersamaan gedung PKM yang telah selesai. Sekretariat LDK pindah dari  masjid Saudi arabia di lantai 3 gedung utama.

Periode kepemimpinan saudara Rahmadadi diemban selama 3 periode 1995-1998, dan selanjutnya  tongkat estafet dakwah diemban  oleh saudara .Chaeruddin  (Mahasiswa FT 1997-1998), Ikbal Rahmat (FT 1998-1999), Yull Eko R (FE 1999-2000), Muslim (Fikom 2000-2001), Yossy Dwi Hendra(FE 2001-2002), Fanna Maulana (FE 2002-2003), Muhammad Al Anbia (FE 2003-2004), Haswardi (FE 2004-2005), Aditya Dwianto (Fisioterapi 2005-2006), Syaiful Basri (Fasilkom 2006-2007), Muhammad Iqbal (Hukum 2007-2008), Syafroni Agustik (Fisioterapi 2008-2009), Ahmad Fauzi (FE 2009-2011), Adam Surya (FH 2011-2013), Fauzi Amthori (Fasilkom 2013-2014), Teja Aryudha (Fisioterapi 2014-2015), Alex Gufron (Fasilkom 2015-2016), Maha Restu Gusti Azizi (Teknik Industri 2016-2017).

maha-restu-gusti-azizratna_puspita una_soraya septiani-rahayu lilis-uswatun-khasanah emi-ayu-lestari dian-anjarwati ade-noviyanti ricko-virnanda diah-ayu-dinar

Comments are closed.